Kalo ga salah tanggal 5 September 2005, pertama kali gw mulai masuk kuliah di Universitas Budi Luhur Jakarta Selatan. Uniknya gw masuk kuliah di semester ke-dua atau genap, disaat anak-anak angkatan 2005 lainnya telah melewati semester pertama dan saat itu masuk ke semester ke-dua. Memang agak aneh bin ajaib, Budi Luhur sempet buka pendaftaran dua kali setahun hehe, tapi as time goes on no problemo. Sekarang program penerimaan seerti itu dah ga ada lagi.
Sebenarnya pada dasarnya gw pengen langsung kuliah setelah lulus SMA. Tapi bokap gw kepengen gw ikut pendaftaran untuk menjadi Praja di STPDN a.k.a IPDN. Berhubung proses penerimaan IPDN lumayan panjang sampe bulan September, dimana saat itu orang-orang dah mulai masuk kuliah sedangkan gw masih menghadapi berbagai tes IPDN. Kebetulan tes gw dah sampe tahap yg cukup jauh. Trus gw dihadapin dua pilihan, gw kuliah ato terusin tes IPDN. Akhirnya rasional gw memilih untuk nerusin tes IPDNnya karena dah kepalang tanggung. Naasnya, ternyata keputusan gw itu salah, ketika di tes berikutnya gw gagal dan kecewa tentunnya karena gw ga bisa kuliah dan mesti nunggu setahun lagi.
Lalu setelah itu, gw merasa menyesal dan ga mau ketinggalan dari temen2 gw yang dah pada kuliah. Gw terus berdoa supaya jangan terlalu lama ketinggalan karena banyak biaya yang udah keluar buat masuk IPDN. Gw takut ga bisa kuliah tahun depan. Lalu Alloh ngabulin doa gw lewat hal yang sangat tidak diduga-duga. Subhanallah di bulan Desember 2005, gw di telpon pihak Budi Luhur yang ternyata membuka pendaftaran mahasiswa disemester genap. Gw sempet bingung masa c di semester genap ada pendaftaran mahasiswa baru. Trus buat ngebuktiin kebenarannya besoknnya gw akhirnya ke Budi Luhur. Ketika sampai di Budi Luhur ternyata pendaftaran itu bener. yaudah gw langsung daftar dan bayar biaya kuliah. Nah gw jadi bisa masuk kuliah d. Seperti doa gw, jadi gw ga terlalu lama ketinggalan bahkan gw cuma ketinggalan 1 semester aja. gw sampe sekarang masih bingung, padahal waktu itu gw berdoa cuma pengen bisa kuliah tahun depan dan ga sempet terpikir bakal ada kaya gini. Aneh tp ya udahlah itu gw anggep emang kebesaran Alloh SWT.
Masuk ke bangku kuliah menyenangkan banget, ketemu temen-temen baru dan hal-hal baru. Ternyata SMA beda banget sama kuliah dari metode pengajarannya sampe pelajarannya, (yaiyalah namannya juga kuliah). Gw masuk jurusan Hubungan Internasional (HI) , hal ini baru banget buat gw karena waktu SMA gw ambil jurusan IPA yang bertolak belakang dengan ilmu sosial kaya HI. Klo Tau gini jadinnya, mending SMA dulu gw ambil IPS aja dah! hehe.
Dari awal kuliah, gw bertekad mau kuliah sungguh-sungguh. karena Ortu gw dah ngeluarin biaya yang ga sedikit. Apalagi setahu gw masih banyak orang yang susah kuliah karena biaya kuliah yang mahal. Dari situ gw bersukur banget bisa kuliah. Setelah melewati semester pertama versi gw, alhamdulilah gw dapet IPS (Indeks Prestasi Smester) 3.00. Gw juga dah lumayan kenal baik sama anak-anak 05 yang lain. Nah masuk ke semester berikutnya gw lebih sering sekelas sama anak-anak angkatan 2006 dan sesekali sekelas sama anak 2005. Gw jadi adaptasi lagi sama anak 06 dan hubungan gw sama anak 05 jadi meregang. Yang bikin ga enak adalah gw jadi ga ada yang akrab sm salah satu angkatan baik itu 05 maupun 06. Tapi ada untungnya juga c Gw justru malah jadi banyak temen dan akhirnya gw juga deket sama keduannya walaupun ga semuannya juga c.
Di semester ketiga ini gw dah mulai nglirik cewe yang bikin gw tertarik, sebut saja Ristra atau Tatha (loh katanya tadi mo serius kuliah??tp ga apa-apa d asal ga keganggu kuliahnya hehe). Dan di semester 4 gw mulai pedekate intensif dan u know what? gw nembak dia walopun masih malu-malu. Gw nembak di rumahnya malem minggu dan hari itu ternyata tanggal 7-7-07, gw ga nyangka banget bakal di terima. Karena gw tau cewe gw ini bagi gw orangnya cantik, smart, perfeksionis dan prinsipil banget, pantes dia pemegang IPK tertinggi di angkatan 05 (maaf bukan bermaksud pamer). wah rasannya ga mungkin d orang kaya gw yang biasa aja dan berantakan, ga smart-smart amat bisa diterima. Mau tau ga gw di terima kenapa??
gw diterima karena dia kasian ma gw! ah ga denk. Katannya gw itu good attitude, manis n lucu (padahal mah huh ancur).. ya mungkin dia kasian kali ma gw.hehe.
Setelah gw jadian, gw selalu berdua mulu sama Tatha, disitu ada gw pasti ada Tatha (jiiagh ga jg koq). Dari sini ngerasa hidup gw ngalamin perubahan. karena gw cenderung sepemikiran sama Tatha. Kita ngerasa banyak ada kecocokan. Kita sering diskusi apa aja dari soal keluarga gw dan dia, kuliah, isu-isu internasional n anythings. Dia juga sering kasih masukan-masukan, saran dan kritik yang membangun ke gw. Setidaknya setelah gw sama Tatha gw jadi lebih rapi dan lebih bersemangat belajar. Sebelumnya IPK gw sempet turun, tapi setelah gw jadian sama tatha nilai gw perlahan tapi pasti mengalami peningkatan signifikan. Masa-masa dikuliah, gw sering menghabiskan waktu di organisasi HIMAHI (Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional) , setelah ga aktif lagi, gw lebih sering di perpustakaan baca-baca buku ( alah tidur mulu jg) dan berduaan sama Tatha dan temen-temennya.
Sampailah gw di semester 6 KKP (Kuliah Kerja Praktek) dan gw KKP bareng sama tatha di Departemen Kehutanan. Kita KKP di Divisi RLPS (Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial) di subbagian Kerjasama Luar Negeri. Gw dan Tatha KKP tentang kerjasama Indonesia dengan Korea Selatan dalam hal Perhutanan. Lalu ketika Semester ke-8 sampailah pada Tugas Akhir gw.


Gambar.1.

Pada tgl 29 Juli, Skripc gw di sidangkan dan alhamdulilah gw dinyatakan lulus dengan nilai A dan Tatha juga dapet A. Ga nyangka IPK gw hampir mengejar IPKnya si Tatha dan gw juga bisa lulus bareng dengan teman-teman yang satu angkatan 2005. Padahal dulunnya gw ketinggalan satu semseter sama mereka tapi berkat ridho Alloh dan kerja keras, gw jadi bisa lulus tiga setengah tahun. Hal itu demikian karena selain ridho Alloh,j gw uga ngebut, dimana gw lagi skripsi juga sambil kuliah 11 sks. Emang c melelahkan banget tapi gw puas dengan hasilnya. Apalagi gw dan ditha jadi kandidat kuat pemegang gelar suma cum laude di jurusan Hubungan Internasional angkatan 2005. thx god!! semoga dari cerita gw yang mungkin ga penting ini, ada sesuatu hal yang bisa diambil hikmah baiknya (jangan yang jeleknya y).