Berhubung gw lagi liburan setelah selesai kuliah, gw lagi pengen jalan-jalan keberbagai tempat khususnya di dalam negeri aja sih..Nah berhubung objek panorama Indonesia itu bagus-bagus dan indah tentunya, gw jadi merasa perlu untuk mengabadikan moment-moment keindahan alam Indonesia.
Gw langsung kepikiran kayaknya gw harus punya kamera nih. Tentunnya bukan kamera saku pada umumnya, coz kamera yang gw maksud itu seperti DSLR (Digital Single-Lens Reflex)/ SLR (Single-Lens Reflex) yang bisa menunjang kegiatan potret memotret di saat liburan gw ini.


Semenjak gw memiliki HP yang berkamera gw mulai menyukai kerjaan potret memotret baik itu objeknya pemandangan sekitar rumah gw, keluarga gw, tetangga gw sampe diri gw sendiri (narsis mode on).
kali ini gw bukan untuk membahas mengenai hasil jepretan gw, karena gw masih newbie dan belum ada bagus-bagusnya, so tenang ajah gw ga publish jepretannya.

Kamera DLSR itu kamera yang Digital sedangkan SLR itu yang kamera yang manual. Bedanya DSLR ada View Findernya. Jadi hasil dari kamera DSLR bisa disimpen didalam memori dan bisa langsung di transfer ke komputer, sedangkan SLR itu yang di cuci cetak. Soal merk yang bagus itu Nikon dan Canon, tapi ada bedanya. Kalau Nikon gambar dan warnanya Tajam, Kalo Canon cuma warnanya aja. kalo buat pemula biasannya Nikon D 40 karena ukurannya sedang ga terlalu besar.

Kamera DSLR itu emang mahal, harganya rata-rata 5 jutaan, nah kalo yang second itu paling sekitar 1,7 sampe 2 jutaan. Trus temen gw Bilang, "kalo mo dapet Kamera DSLR murah ke Pasar Baru aja, ada yang second nya juga". Nah disana itu yang second kualitasnya juga masih bagus..Pasar Baru itu yang mau kearah Kota deket Harmony gitu.Disana banyak anak2 fotografer yang beli kamera dan alat-alatnya karena di sana lebih murah.

Bagi mahasiswa/i ataupun siapa saja yang menyukai dunia fotografi namun belum memiliki budget yg memadai, saya memiliki beberapa tips dalam membeli kamera DSLR second bermerek terkemuka. Mengingat kamera itu barang second, jd kita harus teliti dan cermat dalam memilih itemnya.

Berikut ini adalah hasil dari percakapan gw sama temen gw yang gape banget sama kamera yang ngebahas soal kamera digital second yang masih bagus itu seperti apa? Kalo yang mo beli kamera Second kita harus perhatiin:
  1. Didalem lensanya berjamur ga?
  2. Sinar flashnya nyala ga?
  3. Tombol Jepretannya lancar ga?
  4. Lensanya kotor ga?
  5. Menu-menunya di coba masih berfungsi ga?
  6. Ditest Autofocusnya / lensa tele ( untuk Zoom in n Zoom out), kalau udah ngeblur berarti udah ga bagus.
  7. Jangan beli lensa tele yang second karena sensitif banget dah gitu susah di prediksi kekuatannya sampai kapan.
semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat bagi temen-temen.