Gw tinggal di kota Tangerang tepatnya di Kecamatan Ciledug, beberapa minggu lalu di bulan Maret, di hari minggu gw bersepeda seperti biasa. Ketika menuju pulang kerumah gw ga bisa lewat jalan yang sering gw lewatin. Gw liat ada mobil dari toko bangunan menghalangi jalan, tapi gw ga heran soalnya tetangga gw lagi renovasi rumah. Tapi kok gw denger suara gaduh bapak-bapak di balik mobil itu, ada apa ya? setahu gw jalan rumah gw ga ada yang rusak terus tetangga gw juga renovasi rumah cuma pake tukang satu orang aja, kok rame betul ya?.

Lalu ketika gw sampe depan rumah, gw ngeliat ternyata bapak-bapak di lingkungan gw pada bahu membahu dan bergotong royong membantu pengecoran rumah tetangga gw. Gw baru liat kebiasaan begini di lingkungan gw. Secara pribadi, gw kagum sama kebersamaan di lingkungan rumah gw. Padahal gw tinggal di perkotaan, dimana biasanya masyarakat kota lebih individualis. Tapi sebelumnya gw tinggal di tempat lain di kota yang sama juga ga pernah nemuin kebersamaan kaya gini.

Mungkin kalo kebersamaan bangun rumah ibadah atau sarana umum di masyarakat kota itu udah biasa, Apalagi bagi masyarakat daerah kebiasaan itu udah biasa banget. Tapi yang gw saksiin ini adalah gotong royong dalam proses membangun rumah seseorang. Mungkin kita sering temuin banyak orang khususnya di masyarakat kota yang tidak senang apabila melihat ada orang lain atau bahkan tetangganya sendiri maju. Apalagi tentunya bapak-bapak itu tidak meminta bayaran sesen pun, memang sih mereka bekerja hanya sehari. Namun gw yakin pasti ada kepentingan bapak-bapak itu yang di korbankan. Oia bapak itu juga berasal dari berbagai macam suku, agama dan ras, misalnya ada yang dari Jawa, Betawi, Sunda dan Sumatera dan lain-lain.


Jadi kalo gw liat kegotong royongan dalam kasus ini murni dilandasi oleh semangat kekeluargaan dan kebersamaan yang tulus. Hal itu juga terpancar dari wajah kesenangan para bapak-bapak yang ikut bekerja. Indah nya kebersamaan.

Lalu ada ga kebiasaan seperti itu di kota mu??